4 Cara Mengatasi Gatal pada Anak

4 Cara Mengatasi Gatal pada Anak

Gatal-gatal mungkin akan cukup mengganggu untuk anak-anak dan membuat mereka tidak nyaman dalam beraktivitas. Sebenarnya masalah ini bisa menyerang siapa saja, namun akan sedikit rawan untuk anak-anak. Gatal pada anak tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa jadi ada hal-hal lain yang membuat gatal tersebut menjadi lebih parah dan menimbulkan penyakit yang lebih berat.

Karena itulah, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara-cara mengobati gatal pada anak. Ada beberapa cara untuk mengobatinya karena ada beberapa pula penyebab gatal ini. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Mengobati Gatal pada Anak

  1. Dermatitis kontak

Jenis gatal-gatal yang pertama adalah karena dermatitis kontak. Pada kasus ini biasanya pada bagian yang gatal akan timbul ruam berwarna kemerahan karena adanya kontak dengan zat tertentu. Kontak tersebut akan mengakibatkan iritasi. Contoh zat tersebut antara lain feses, deterjen, urin, atau sabun.

Pada kasus ini, gejala yang sering timbul adalah adanya rasa terbakar, gatal, dan juga menyengat. Di awal kontak, mungkin gejala ini belum bisa dirasakan. Namun, semakin bertambahnya waktu, gejala tersebut akan semakin terasa.

Untuk mengobati gatal karena dermatitis kontak ini, Anda bisa rutin mencuci kulit dan menggunakan pelembap. Menggunakan gel penghalang juga bisa membantu untuk mengatasi gatal-gatal ini.

  1. Kulit kering

Tahukah Anda bahwa kulit yang kering bisa menyebabkan rasa gatal? Biasanya kasus ini akan disertai dengan kulit kasar dan pecah-pecah. Lokasi yang sering mengalami kulit kering ini antara lain daerah bibir, tangan, dan kaki.

Untuk mengobati gatal jenis ini, Anda bisa menggunakan pelembap setelah mandi, selalu menjaga kelembapan bibir, menghindari air panas untuk mandi, dan membatasi waktu mandi. Untuk memberikan rasa nyaman, balut kulit yang kering dengan kain dingin.

  1. Gigitan serangga

Penyebab gatal yang berikutnya adalah karena terkena gigitan serangga seperti lalat, tungau, kutu, dan nyamuk. Lebah atau tawon pun juga bisa menyebabkan gatal karena racun yang disuntikkan ke dalam kulit anak. Selain rasa gatal, gigitan serangga juga akan meninggalkan rasa sakit dan menyebabkan pembengkakan. Anak yang kurang kuat sangat mungkin akan mengalami demam dan menjadi lesu.

  1. Ruam

Penyebab gatal yang terakhir adalah karena munculnya ruam. Sebenarnya gatal jenis ini tidak perlu dikhawatirkan karena akan menghilang tanpa memerlukan perawatan. Akan tetapi, jika anak mengalami demam dengan suhu yang cukup tinggi, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jadi, mulai saat ini para orang tua sudah tidak perlu terlalu khawatir dan bingung jika anak mengalami gatal. Dengan mengenali penyebab dan cara mengatasinya, semua akan aman terkendali dengan catatan tidak ada gejala-gejala tambahan yang membuat anak menjadi lesu dan enggan untuk beraktivitas.